BREAKING NEWS - Ditemukan di Kedalaman 838 Meter, Badan KRI Nanggala 402 Terbelah Jadi 3 Bagian

KOMPAS.TV - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menyatakan kondisi kapal KRI Nanggala-402 terbelah menjadi tiga bagian.

Terdapat bagian yang terlepas dari badan utama kapal.

"Berikut ini terdapat bagian-bagian dari KRI Nanggala. Di sana KRI Nanggala terbelah jadi 3 bagian," ujar Yudo dalam konferensi pers, Minggu (25/4).

Yudo menjelaskan terdapat bagian belakang kapal tak berbadan tekan, selanjutnya kemudi horizontal dan vertikal.

Pantauan ini terlihat melalui alat ROV dari Singapura yang mendapat kontak visual dan memperlihatkan adanya serpihan badan kapal KRI Nanggala 402 di kedalaman 838 meter.

Sementara itu, Panglima TNI, Marsekal Hadi Cahyanto menyatakan seluruh awak yang berada dalam KRI Nanggala 402 telah gugur.

Hal ini disampaikan langsung pada saat konferensi pers TNI pada Minggu, 25 April 2021.

Pernyataan ini berdasarkan temuan serpihan dan adanya sinyal Kapal selam KRI Nanggala 402 yang terdeteksi terakhir berada di kedalaman 838 meter.

Sementara diberitakan Schmidt Ocean Institute yang dikutip Kompas.com, di kedalaman lebih dari 800 meter kondisi air tidak seperti yang dirasakan di kolam renang.

Tekanan hidrostatis air meningkat sebanyak 1 atm setiap kedalaman 10 meter.

Artinya, jika tekanan di udara adalah 1 atm, tekanan di kedalaman 850 meter adalah 85 atm.

Sementara manusia hanya bisa bertahan pada tekanan sekitar 3 hingga 4 atm.

Mulai dari kedalaman 200 meter, semua cahaya mulai hilang dan suhu turun drastis.

Pada kondisi ini, laut benar-benar hitam. Cahaya mungkin hanya berasal dari bakteri dan hewan yang menghasilkan cahaya.

Hal itu juga yang menjadi salah satu alasan kenapa awak kapal selam KRI Nanggala-402 tidak dapat begitu saja keluar dari kapal selam.

Berenang di laut pada kedalaman 850 adalah hal yang tidak mungkin bagi manusia, rasanya mungkin akan sama seperti dinjak 100 ekor gajah di kepala.
Content Creator: Anjani

评论 

  1. TIKA DWI

    TIKA DWI

    3 天 前

    Semoga awak awak kapal tenang di alam Sana

  2. CheWan YT

    CheWan YT

    4 天 前

    Kenapa rakyat indo suka ngehina malaysia padahal malaysia udah banyak membantu loh

  3. Reihard Ramadhan

    Reihard Ramadhan

    7 天 前

    Katanya kalau meninggalnya tenggelam masuk surga, Aaamiin

  4. BEST VIDEOS FOR ALL

    BEST VIDEOS FOR ALL

    7 天 前

    BegitulAh risiko apabila dah bersumpah menjaga negara. Mereka semua wira

  5. ゚ilham

    ゚ilham

    8 天 前

    Mungkin hari ini hari esok atau nanti berjuta memori yang terpatri dalam hati ini mungkin hari ini hari esok atau nanti tak lagi saling menyapa meski ku masih harapkan mu

  6. lihat Channel

    lihat Channel

    8 天 前

    Kok belum ada berita lagi tentang kri ya Udah diangkat belum ya

  7. CrackedEgg

    CrackedEgg

    8 天 前

    Mereka tidak tenggelam hanya mereka telah sampai pelabuhan yaitu surga Alfatihah

  8. Suwono Putra Ragil

    Suwono Putra Ragil

    8 天 前

    Khusnul khotimah buat semua Pahlawan KRI Nanggala 402 🙏🏻🙏🏻

    • luky julianto

      luky julianto

      天 前

      Husnul khotimah yah,,soalnya kalau khusnul khotimah itu mati dalam keadaan hina😊🙏🏻

  9. Zaenal Zaenal

    Zaenal Zaenal

    8 天 前

    Turut berduka cita, Dan kluarga dekat korban moga tabah menerima ujian yg maha kuasa

  10. Jvnn

    Jvnn

    8 天 前

    🙏🙏🙏

  11. Alanglucky

    Alanglucky

    9 天 前

    Semoga keluarga yang di tinggal di beri kesabaran

  12. Cut funny cartoon

    Cut funny cartoon

    10 天 前

    Saya curiga kenapa bisa terbelah 3bagian.. ditorpedo kah sama kapal selam lain atau kebocoran..bisakan kebocoran sampai 3bagian...

  13. GEREJA YOUTUBE

    GEREJA YOUTUBE

    10 天 前

    Pahlawankuuu 😇

  14. Rossi Fumi

    Rossi Fumi

    10 天 前

    Al fatiah Dr Malaysia

  15. fira rizky suciana zalsabilla

    fira rizky suciana zalsabilla

    10 天 前

    gila ya 2021 ini penuh duka ga aman, bener bener sesak sekali 😭 al fatihah untuk mereka yang telah gugur, bismillah 😔🙏

  16. Nentipurwanti Nentipurwanti

    Nentipurwanti Nentipurwanti

    10 天 前

    Ifhkl

  17. 언어의 젊은 처녀

    언어의 젊은 처녀

    10 天 前

    Jangan lupa mampir(yang bening hanya ada disini)

  18. D E L A P A N

    D E L A P A N

    10 天 前

    Numpang ngomen yak

  19. Nur Maghfirah

    Nur Maghfirah

    10 天 前

    ﺍَﻟﻠﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ وسلم ﻋَﻠَﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻝِ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ

  20. Supingah B21

    Supingah B21

    10 天 前

    Semoga beliau semua diterima disisiNYA.

  21. Donna Syah Duble Leo Donna

    Donna Syah Duble Leo Donna

    10 天 前

    Do'a yg terbaik tuk para pahlawan qt. Surga menantikan mereka d sana Al'fatihah,,,,, Aamiin Yaa Allah Yaa Robball'Alamiin 🤲🤲😭😭😭😭

  22. Bery Arcak

    Bery Arcak

    10 天 前

    "Meski Nanggala tak sampai kepelabuhan, semoga surga menjadi dermaga terakhir mu pahlawan"

  23. Delta 21 Year

    Delta 21 Year

    10 天 前

    Mari kita do.a kan para korban nanggala 402 agar khusnul khotimah,amal ibadahnya diterima dan di tempatkan dalam surganya allah. Amin ya robbal a'lamin....

  24. Jalbet

    Jalbet

    11 天 前

    Good

  25. IRIES CHANNEL VIDEO

    IRIES CHANNEL VIDEO

    11 天 前

    Semoga yg baca bisa sukses terutama untuk Chanel youtubenya aminn yuk ngumpul sini pejuang 1 k👇❤️

  26. nges tv

    nges tv

    11 天 前

    Semoga cepat dapat keadilan 👍🏿

  27. Kata temen gue

    Kata temen gue

    11 天 前

    indonesia itu berita nya mudah meluas di seluruh dunia, jika insiden ini terus² di beritakan tak hayal negara lain " menganggap " pertahanan indonesia kurang baik, belum berperang tapi sudah tenggelam. dan sudah pasti bibit² penjajah akan muncul kembali dan kalian tak tau apa yg dirasakan para keluarga korban, selalu tertekan saat teringat orang yg pergi meninggalkan nya melalui berita bertema sama yang tak ada habis nya

  28. Anas Jaya

    Anas Jaya

    11 天 前

    Subhannallah , semoga khusnul khotimah...

    • Nivlaaz

      Nivlaaz

      10 天 前

      Husnul khotimah bro

  29. Adhi Soecipto

    Adhi Soecipto

    11 天 前

    😢😢😢

  30. SRC Music

    SRC Music

    11 天 前

    Semog Khusnul khatimah amin

    • Nivlaaz

      Nivlaaz

      10 天 前

      Husnul khotimah bro

  31. Azira Risma

    Azira Risma

    11 天 前

    GaFff.

  32. Fre Di

    Fre Di

    11 天 前

    Izin share

  33. No image

    No image

    11 天 前

    Rest in peace I hope you go to heaven

  34. Sam Prul

    Sam Prul

    11 天 前

    Belum nonton sampai habis,, itu kapal nya terbelah apa terpotong ya. ?

    • Sam Prul

      Sam Prul

      11 天 前

      @Glen Richardo terpotong jadi 3 bagian berarti

    • Glen Richardo

      Glen Richardo

      11 天 前

      Hancur jadi 3 karena tekanan air di dasar laut

  35. Alisya Zhaskia

    Alisya Zhaskia

    11 天 前

    Semoga ke surga aminnn😇😇😭😭

  36. Carita IQI

    Carita IQI

    11 天 前

    Saya youtuber pemula dan ingin jadi youtuber Saya ngedit sendiri alakadarnya pake laptop temen Dan kamera nya pun pinjam sama temen Tolong support chanel saya ya supaya saya punya penghasilan Biar bisa beli kamera sama laptop sendiri dan ga pinjem lagi ke temen 😇🙏

  37. yudishtera

    yudishtera

    11 天 前

    Aamiin

  38. Warga Setempat

    Warga Setempat

    12 天 前

    Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yg menjalankannya, semoga berkah & dosa-dosa kita diampuni-Nya.

  39. Saliman Bujang

    Saliman Bujang

    12 天 前

    Alfatihah

  40. Nha_Shu_Rye

    Nha_Shu_Rye

    12 天 前

    Kalian semua (kru Nanggala 402) ان‌شاءالله syahid dan di tempatkan di SurgaNya Aamiin Yaa Allah 🤲🤲🤲🤲

  41. Indo Ngentot

    Indo Ngentot

    12 天 前

    Nanggala tenggelam saya ketawa karena kapal itu jelek!

    • pesarkas_handal

      pesarkas_handal

      11 天 前

      @king deparsha kirim dm ke official tni bro kalo ada,simpan gmailnya sama ss buat bukti 😎👍

    • king deparsha

      king deparsha

      11 天 前

      Gw viralin ya,gw masukin sosmed yg lain,gw jadiin bounty lu

    • pesarkas_handal

      pesarkas_handal

      11 天 前

      Ntar dilaporkan nangid klaripikasi,nagku dihek sama hekel epep

    • Ferdi Irawan

      Ferdi Irawan

      12 天 前

      gw like biar komen lo naek, biar orang-orang bisa baca ketololan lo

  42. Amelia Shania

    Amelia Shania

    12 天 前

    Merinding denger bapaknya ngomong sambil gemeterrr 😭

  43. luluk putri

    luluk putri

    12 天 前

    Smoga husnul khotimah..

  44. Khaled Ade Pati

    Khaled Ade Pati

    12 天 前

    Jika ada di dalam suatu kaum ( bangsa ) yang berbuat dzolim dan di biarkan saja maka seluruh kaum itu akan terkena azab ALLAH S.W.T. tegurlah orang yang berbuat dzolim tersebut,jika sudah di tegur 2x tapi masih berbuat dzolim maka di wajibkan perangilah orang tersebut.

    • Nivlaaz

      Nivlaaz

      10 天 前

      Bruhh

    • pesarkas_handal

      pesarkas_handal

      11 天 前

      The fck man dia mati syahid bukan mati dzolim

  45. KOMANDO !!!

    KOMANDO !!!

    12 天 前

    Pahlawan ku

  46. Hexker Indo

    Hexker Indo

    12 天 前

    Lagizxczzbshs G

  47. Panca Lestari

    Panca Lestari

    12 天 前

    Semoga korban cepat ditemukan, Aminnn yang tabah buat keluarga yang ditinggal kan

  48. muhamad khalik

    muhamad khalik

    12 天 前

    Menhannya ga ikun konfers?

  49. Cici Pamekasan

    Cici Pamekasan

    12 天 前

    Ffjhy

  50. Ade Tule

    Ade Tule

    12 天 前

    Hfstiol zd

  51. Bagus Media TV

    Bagus Media TV

    12 天 前

    Bararti harusnya tidak boleh dong sampe di kedalaman 800?

    • pesarkas_handal

      pesarkas_handal

      11 天 前

      Sudah tua kapal selamnya

  52. Muhamat Amin

    Muhamat Amin

    12 天 前

    P78

  53. LIA FEBILIANDA

    LIA FEBILIANDA

    12 天 前

    Mari bersama kita beri Al-fatihah buat korban somaga msuk surga aminn🙏

  54. anto chanel

    anto chanel

    12 天 前

    Mugo korban e jembar dalan e .padang kubur e aminnnnn❤️❤️

  55. Kuliner Jalanan

    Kuliner Jalanan

    12 天 前

    Semoga semua kru kri Nanggala 402 diterima disisinya,

  56. rahmi saputri

    rahmi saputri

    12 天 前

    Ngutang RIBUAN TRILIUN RUPIAH sama RENTENIR tapi GAK MAMPU BELI ALUTSISTA KAPAL SELAM TERBARU DAN TERCANGGIH atau mungkin MAMPU TAPI TIDAK DISETUJUI NEGARA karena UANGNYA BUAT PINDAH IBUKOTA yg SEBENERNYA GAK PENTING !!!!!!!!!!!!!!!!!!..Betapa SEMBRONO NYA keputusan mu wahai PARA PEJABAT..

    • pesarkas_handal

      pesarkas_handal

      11 天 前

      Korupsi triliunan mampu beli kapal selam minta pajak rakyat

  57. Agápi. co

    Agápi. co

    12 天 前

    Inalillahi Wainailaihi Rojiun

  58. BITING CS

    BITING CS

    13 天 前

    Lur telur.

  59. Lilik Kurniawan

    Lilik Kurniawan

    13 天 前

    Husnul Khotimah dulurku, beserta prajurit terbaik bangsa

  60. Sinyorebel 1927

    Sinyorebel 1927

    13 天 前

    Inalillahiwainailahiirajiun terimakasih atas perjuanganmu. Terimakasih telah menjaga laut indonesia. Engkau pahlawan pahlawan pahlwan. Doa kami menyertaimu

  61. Khassandra Kha

    Khassandra Kha

    13 天 前

    Rest in Peace... Laut memelukmu selamanya...

  62. Warid Ngainudin

    Warid Ngainudin

    13 天 前

    Ya alloh berikan kedabaran leluarga tni angkatan laut

  63. Altamis Awesome Studio

    Altamis Awesome Studio

    13 天 前

    Ucapan takziah bagi seluruh keluarga mangsa.

  64. Lilik Rumiati

    Lilik Rumiati

    13 天 前

    Ya Allah kami semua bersedih... Semoga wafat Syahid semua yang ada di dalam kapal selam 402..aamiiiin YRA...

  65. Keyra_Channel

    Keyra_Channel

    13 天 前

    Semoga keluarga yang di tinggalkan diberikan ketabahan.aamiin

  66. As ri

    As ri

    13 天 前

    smoga di cucuri rahmat.. kalian berjuang demi negara...

  67. Calvin Ricky

    Calvin Ricky

    13 天 前

    Zvmmzvcnzvm.

  68. Lisman Mulyadi

    Lisman Mulyadi

    13 天 前

    Smoga pengorbanan mereka allah jadi kan sbg ibadah di sisi allah swt amin yra

  69. Suka Kuliner

    Suka Kuliner

    13 天 前

    Meninggal yg khusnul hotimah

  70. BRO SANTRI

    BRO SANTRI

    13 天 前

    Lahumul fatihah 🤲

  71. TEMPAT CONTENT

    TEMPAT CONTENT

    13 天 前

    Mampir channel ku Kaka 🙏

    • TEMPAT CONTENT

      TEMPAT CONTENT

      13 天 前

      @Nauval Afif apa nih weh

    • Nauval Afif

      Nauval Afif

      13 天 前

      👊

  72. ASRORI TV

    ASRORI TV

    13 天 前

    Semoga Husnul Khotimah. aaamiin

  73. Anisa Kartikasari

    Anisa Kartikasari

    13 天 前

    Semoga awak kapal KRI Nanggala-402 khusnul khotimah...amin...al-fatihah...

  74. BOCAH KEPO

    BOCAH KEPO

    13 天 前

    Mungkin ini yang nge dislike para penggemar Rambut gulali

    • Vallo

      Vallo

      13 天 前

      ga

    • •

      13 天 前

      Gk semua org bro,itu biasa nya ada bot

  75. Almost Famous

    Almost Famous

    13 天 前

    yaudah aja gitu. udah tenggelem juga EA

  76. Rachman

    Rachman

    13 天 前

    Smg diberi ketabahan & ksbaran utk para keluarga yg ditinggalkan,, utk kru kapal Nanggala 402 smg Khusnul khatimah & terima kasih krn sudah mengabdi utk nusa & bangsa..

  77. Feri Aswan

    Feri Aswan

    13 天 前

    semoga

  78. David Daredevil

    David Daredevil

    13 天 前

    *Di dalam satu keluarga pasti ada anak yang bisa merubah nasib orangtuanya membahagiakan orang tua nya dan semoga itu kalian yang membaca komentar ini, amin ya rabbal al-amin ya Allah*

  79. Fur Rama

    Fur Rama

    13 天 前

    Jadi gemetar dengernya, air mata juga tiba² keluar sndiri 😭😭😭

  80. YOSI JAYA BURNAMA

    YOSI JAYA BURNAMA

    13 天 前

    Beri ketabahan untuk keluarga nainggala.

  81. Era Krismawati 2013116025

    Era Krismawati 2013116025

    13 天 前

    Terimakasih para prajurit 😭 kalian telah membela menjaga negeri ini sampai nyawa jdi taruhannya .. Al Fatihah 🤲🏻

  82. Vivi Priyati

    Vivi Priyati

    13 天 前

    Yaalloh. Semoga almarhum masup sorga tampa. Hisab

  83. Ren

    Ren

    13 天 前

    Ngeri ya alloh dari awal pas baca diskripsinya, semoga seluruh kru tenang disana, diterima disisinya. Semoga keluarga diberi ketabahan dan kekuatan.

  84. Astri Iche

    Astri Iche

    13 天 前

    Turut berduka

  85. Englishvit Channel

    Englishvit Channel

    13 天 前

    God Bless You Sailors, Rest In Peace

  86. farrel facha

    farrel facha

    13 天 前

    itu kedalaman yang bisa menenggelamkan bangunan tertinggi di dunia :(((

  87. Sherly Diah

    Sherly Diah

    13 天 前

    Aku turut berduka cita

  88. Dimas Arya Mahendra

    Dimas Arya Mahendra

    13 天 前

    indonesia ini lemah

    • Achmad Fahmi

      Achmad Fahmi

      12 天 前

      What?

  89. Dimas Arya Mahendra

    Dimas Arya Mahendra

    13 天 前

    bener kata prabowo

  90. riny brenda

    riny brenda

    13 天 前

    smoga semua korban nanggala 402 Husnul khotimah.Aamiin

  91. Music Party

    Music Party

    13 天 前

    🙏🙏🙏🙏

  92. travelbydeddy

    travelbydeddy

    13 天 前

    Al Fatihah..😭😭😭

  93. Endang Ernata

    Endang Ernata

    13 天 前

    Gugurlah bungaku, Gugurlah pahlawanku, Kalian tetap Hidup & berbunga di hati Kami. We love You prajurit terbaik Negriku

  94. SAKERA MEDIA

    SAKERA MEDIA

    13 天 前

    Semoga husnul khotimah

  95. Nova Norma

    Nova Norma

    13 天 前

    Mp

  96. Amalia Rodriguez puru

    Amalia Rodriguez puru

    13 天 前

    Al fatihah,,buat smua pejuang Indonesia yg terlibat dlm insidenct ini,,salam dri Malaysia ,,semoga roh nya Dicucuri Rahmat..dan Di terima d cc nya Allah yg ESA .. maha penyayang,pendengar,,pengasih,pencipta , lgi maha penganpun,,Allah Hu akhbar..berilah klancaran serta ktabahan dlm misi mnjejak kapal selam Indonesia ya Allah..Amin Allah humma Amin..🌹🌹💐🌹💐🥀🥀💐💐

  97. alam indodai

    alam indodai

    13 天 前

    Assalamu'alaikum kawan kawan, minta bantuanya buat subcribe chanel youtube saya, semoga kebaikan kawan kawan jadi pahala, salam anak rantau kawan kawan

  98. khamarulオロシ

    khamarulオロシ

    13 天 前

    Ya Allah semoga pahlawan kami di tempat kan syurga mu . Aamiin Dan parah kluarga di berikan ketabahan🙏🏻 Al-fatiha

  99. nurfita cindy

    nurfita cindy

    13 天 前

    Setidaknya kalau mereka semua meninggal semoga tubuh mereka di temukan dalam keadaan utuh tanpa kurang sedikitpun 😭aminn ya allah

  100. Nia Azizunnisa

    Nia Azizunnisa

    13 天 前

    Jannah menunggu mu wahai pahlawan-pahlawan ku :')

下一个